Thursday, August 14, 2014

Tugas Perbankan - Asuransi

Tugas Perbankan - Asuransi

asuransi tugas perbankan

ASURANSI


Asuransi merupakan perlindungan paling mudah dalam menghadapi krisis finansial seperti sakit, cacat total tetap atau kematian. Selain melindungi diri sendiri, manfaat asuransi juga akan melindungi keluarga yang menjadi tanggungan. Sekarang pertanyaannya, apakah produk asurasi jiwa mudah didapat? Terkadang, saat kita merasa butuh, saat itu juga kita tidak mengenal satupun agen asuransi atau kita tidak sedang ditelepon telemarketing untuk menawarkan produk asuransi jiwa. Jangan resah bila situasi ini yang anda temukan. Segera kunjungi cabang bank kesayangan anda, minta informasi tentang produk asuransi yang anda butuhkan, dan beli produknya di cabang tersebut.

Pembelian produk asuransi jiwa melalui bank ini dimungkinkan sejak lahirnya bancassurance di Indinesia pada sekitar tahun 2000. Bancassurance merupakan mekanisme kerjasama Antara bank dan perusahaan asuransi untuk memasarkan berbagai produk asuransi, mulai dari asuransi jiwa murni hingga yang dikombinasikan dengan investasi atau unit link.

Produk-produk ini ditawarkan melalui cabang-cabang bank atau secara langsung (staf asuransi mendatangi nasabah). Sejak bancassurance hadir hingga kini semakin banyak nasabah yang memiliki untuk membeli produk asuransi melalui bank. Penjualan produk asuransi jiwa melalui jalur distribusi ini pun terus meningkat dan berdasarkan data AAJI (Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia), sepanjang 2011 pertumbuhan waited new business premium (premi baru yang dibobotkan) bancassurance adalah sebesar 41% (infobanknewscom).

Selain rangkaian produk asuransi yang lengkap, pembelian asuransi melalui bank juga mudah, anda dapat langsung datang ke bank, bertemu dengan Relationship Manager anda yang nantinya akan menghubungkan anda dengan staf perusahaan asuransi. Atau anda dapat menemui staf perusahaan asuransi langsung di cabang-cabang bank. Staf perusahaan asuransi biasanya disebut sebagai Financial Advisor, atau Insurance Relations Advisor. Bersama mereka, anda dapat langsung mengisi aplikasi permohonan asuransi jika produknya telah sesuai dengan anda. Staf perusahaan asurasi ini merupakan penjual asuransi jiwa yang telah dibekali pelatihan lengkap mengenai produk yang dipasarkan dan memiliki sertifikat keagenan yang dikeluarkan oleh AAJI.

Hal lain yang mendukung kepraktisan pembelian asuransi jiwa melalui bank, adalah: pada umumnya anda akan ditawarkan cara pembayaran premi yaitu melalui sistim otodebit rekening. Dengan sistim ini, anda tidak perlu khawatir memikirkan kapan anda harus bayar premi. Sistim autodebeit akan memastikan pembayaran premi sebelum jatuh tempo, sehingga perlindungan asuransi anda tetap berjalan sesuai rencana anda.

Terdapat beberapa catatan penting dalam membeli produk asuransi di bank :
  1. Anda harus memahami kebutuhan anda sendiri. Tanyakan beberapa hal, seperti : apakah anda membeli perlindungan asuransi untuk melindungi rencana masa depan anda , atau lebih untuk investasi? Jika anda membeli lebih untuk perlindungan jiwa, anda dapat membeli produk asuransi jiwa murni, atau unit link dengan porsi perlindungan jiwa lebih besar.
  2. Saat membeli produknya, anda perlu menanyakan kepada penjualnya; berapa besar preminya, kapan harus dibayar, berapa lama periode pembayaran preminya, manfaat apa saja yang diperoleh dari produk asuransi yang bersangkutan, bagaimana cara klaim?
  3. Pilih bank dan perusahaan asuransi yang memiliki kredibilitas terpercaya. Lakukan pengecekan profil perusahaan melalui berbagai media, seperti situs perusahaan mereka, berita dan lain-lain.


Nama : Laily Nur Kamila
Kelas : XI - PERBANKAN

0 comments

Post a Comment

Mulailah berkomentar, untuk kemajuan blog idsmk bersama.

- Berkomentarlah dengan sopan dan bijak sesuai isi konten
- Dilarang meyisipkan link aktif, Link aktif otomatis akan terhapus dan kami anggap sebagai spam

Terimakasih